JUAL IKAN GABUS

AGEN SUPPLYER IKAN GABUS Frozen Beku Pasar induk dan tradisional
JUAL IKAN GABUS ALAMI/LIAR HASIL TANGKAPAN
JUAL IKAN GABUS HIDUP Jika Stok Ada Tanyakan Dahulu 
Name : BiyuMart shipchandlerjakarta.com
Phone :  +62821-1003-1329
Recipient Address Jl. Papanggo ID No.11, Rt/Rw 09/03 Kel.Papanggo, Kec.Tanjung Priok-Jakarta Utara DKI Jakarta Indonesia 14340

Jual Ikan Gabus Segar/Hidup : Rp.150,000/1Kg
Ikan Gabus Frozen Beku Rp120,000/Kg
Daging Giling Ikan Gabus Rp.100.000/500Gr







 


BIYUMART Ship Chandler Jakarta Indonesia.
PERUSAHAAN | COMPANY: PT. TOHARINDO KUAT PERKASA
BIDANG PERUSAHAAN | ENTITY:Ship Chandler Supplier Agen
Mr.Toha is provide all Ship Chandlers, we have an excellent infrastructure and are thus able to assist you in: Full Service Marine Supply - Deck Stores, Cabin & Bonded Supplies Provisions - Fresh, Frozen and Dry Food. Safety Equipment, Technical Store, Marine Publications, Chart
Fresh Water Bunker, HandPhone,  Transport Service end All You Need
Name : BiyuMart
Phone :  +62821-1003-1329
Recipient Address Jl. Papanggo ID No.11, Rt/Rw 09/03 Kel.Papanggo, Kec.Tanjung Priok-Jakarta Utara DKI Jakarta Indonesia 14340


Ikan Gabus Penjualan, Permintaan, Kerjasama
Penjualan ikan gabus (95 Produk)
jual JUAL IKAN GABUS SEGAR/HIDUP
Jual Ikan Gabus Segar/Hidup : Rp 150,000 / Kg
minimal pembelian: 1 kg

Kami menjual komoditi .
Jual ikan gabus hidup
Stok perhari 1kg-20kg.

Jualan Ikan Gabus Barangkali ada yang minat!!!
Jual ikan Gabus Hidup dan Segar,
tersedia berbagai macam ukuran, cocok untuk restoran, konsumsi pribadi maupun pengobatan diabetes..
mulai dari yang besar sampai yang sedang kami ada,..
untuk pembelian dalam jumlah banyak, kami beri harga spesial,


KHASIAT DAN MANFAAT LUAR BIASA IKAN GABUS
Ikan gabus adalah sejenis ikan buas (predator) yang hidup di air tawar. Ikan ini dikenal dengan banyak nama di pelbagai daerah: aruan, haruan (Mly.,Bjn), kocolan (Btw.), bogo (Sd.), bayong, bogo, licingan (Bms.), kutuk (Jw.), kabos (Mhs.) dan lain-lain. Dalam bahasa Inggris juga disebut dengan berbagai nama seperti common snakehead, snakehead murrel, chevron snakehead, striped snakehead dan juga aruan. Nama ilmiahnya adalah Channa striata (Bloch, 1793).
Jenis-Jenis Ikan Gabus
Gabus dan kerabatnya termasuk hewan Dunia Lama, yakni dari Asia (genus Channa) dan Afrika (genus Parachanna). Seluruhnya kurang lebih terdapat 30 spesies dari kedua genus tersebut.

Di Indonesia terdapat beberapa spesies Channa; yang secara alami semuanya menyebar di sebelah barat Garis Wallace. Namun kini gabus sudah diintroduksikan ke bagian timur pula.
Salah satu kerabat dekat gabus adalah ikan toman (Channa micropeltes), yang panjang tubuhnya dapat melebihi 1 m dan beratnya lebih dari 5 kg.
KHASIAT DAGING IKAN GABUS
Ikan gabus sangat kaya albumin, jenis protein yang mempercepat penyembuhan pascaoperasi dan melahirkan. Zat ini juga membantu pertumbuhan anak dan menambah berat badan orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Keluar dari rumah sakit pascaoperasi, seperti sehabis persalinan, merupakan fase yang cukup kritis karena pasien harus berjuang untuk kesembuhannya. Kita sering mendengar larangan mengonsumsi makanan tertentu. Informasi itu kadang masuk akal, tetapi sering membuat bingung karena bertolak belakang satu sama lain.

Secara umum sebenarnya tidak ada pantangan makan bagi pasien pascaoperasi, kecuali bila menderita alergi atau mendapat pesan khusus dari dokter. Sehabis menjalani operasi usus misalnya, tentu kita tidak boleh mengonsumsi makanan yang sulit dicerna. Sebaliknya, pascaoperasi persalinan, makan banyak merupakan solusi untuk mempercepat proses penyembuhan, terutama makanan kaya protein, vitamin, dan mineral.

Zat gizi sangat diperlukan untuk membantu tubuh melakukan proses penyembuhan pascaoperasi, yaitu memperbaiki sel dan jaringan. Zat gizi berkualitas juga diperlukan untuk memperkuat imunitas (sistem kekebalan) tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Salah satu bahan pangan yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pascaoperasi adalah ikan gabus. Ikan gabus banyak dijual di pasar tradisional dan modern, umumnya dalam bentuk kering asin. Karena itu, ikan gabus lebih dikenal sebagai ikan asin yang bergengsi.

Kandungan Gizi
nutrisi albumin ikan gabus / kutuk
Dilihat dari kandungan gizinya, ikan gabus tidak kalah dari ikan air tawar lain yang cukup populer, seperti ikan mas dan ikan bandeng. Kandungan gizi berbagai ikan air tawar dapat dilihat pada tabel.

Komposisi gizi per 100 gram beberapa ikan tawar dan payau
Seperti ikan lain, keunggulan ikan gabus adalah kandungan proteinnya yang cukup tinggi. Kadar protein per 100 gram ikan gabus setara ikan bandeng, tetapi lebih tinggi bila dibandingkan dengan ikan lele maupun ikan mas yang sering kita konsumsi.

Kandungan protein ikan gabus juga lebih tinggi daripada bahan pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti telur, daging ayam, maupun daging sapi. Kadar protein per 100 gram telur 12,8 gram; daging ayam 18,2 gram; dan daging sapi 18,8 gram. Nilai cerna protein ikan juga sangat baik, yaitu mencapai lebih dari 90 persen.

Selain itu, protein kolagen ikan gabus juga lebih rendah dibandingkan dengan daging ternak, yaitu berkisar 3-5 persen dari total protein. Hal tersebut yang menyebabkan tekstur daging ikan gabus lebih empuk daripada daging ayam ataupun daging sapi.
Rendahnya kolagen menyebabkan daging ikan gabus menjadi lebih mudah dicerna bayi, kelompok lanjutt usia, dan juga orang yang baru sembuh dari sakit. Bayi memerlukan asupan protein tinggi, tetapi belum memiliki saluran pencernaan yang sempurna.

Keunggulan protein ikan gabus lainnya adalah kaya akan albumin, jenis protein terbanyak (60 persen) di dalam plasma darah manusia. Peran utama albumin di dalam tubuh sangat penting, yaitu membantu pembentukan jaringan sel baru.

Tanpa albumin; sel-sel di dalam tubuh akan sulit melakukan regenerasi, sehingga cepat mati dan tidak berkembang. Albumin inilah yang juga berperan penting dalam proses penyembuhan luka.

Di dalam ilmu kedokteran, albumin biasa dimanfaatkan untuk mempercepat pemulihan jaringan sel tubuh yang terbelah, misalnya karena operasi atau pembedahan. Itulah sebabnya pasien pascaoperasi sangat dianjurkan mengonsumsi ikan gabus, dengan harapan dapat membantu proses penyembuhan di dalam tubuh.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. DR. Dr. Nurpudji A. Taslim dari Universitas Hasanudin, Makassar, menunjukkan kadar albumin pasien di RS Wahidin Sudiro Husodo Makassar, Sulawesi Selatan, meningkat tajam setelah beberapa kali mengonsumsi ikan gabus. Hal tersebut mempercepat kesehatan pasien.
Penelitian serupa juga pernah dilakukan pada bagian bedah RS Umum Dr. Saiful Anwar Malang. Hasil uji coba tersebut menunjukkan pemberian 2 kg ikan gabus masak setiap hari kepada pasien pascaoperasi dapat meningkatkan albumin dari kadar yang rendah (1,8 g/dl) menjadi normal.
Penelitian yang dilakukan di Universitas Hasanudin juga menunjukkan pemberian ekstrak ikan gabus selama 10-14 hari dapat meningkatkan kadar albumin darah 0,6-0,8 g/dl. Para ODHA (orang dengan HIV/AIDS) yang diberi ekstrak ikan gabus secara teratur, dapat meningkatkan kadar albumin di dalam darah, sehingga berat badannya akan naik secara perlahan.
Selain membantu pembentukan jaringan baru, albumin yang berada di dalam darah juga berfungsi untuk mengatur keseimbangan air di dalam sel, memberikan gizi di dalam sel, dan membantu mengeluarkan produk buangan. Albumin juga berfungsi mempertahankan pengaturan cairan di dalam tubuh.
Tingginya kandungan albumin dari ikan gabus membuat ekstrak ikan ini mulai dilirik pihak rumah sakit untuk diberikan kepada pasien pascaoperasi, yaitu sebagai pengganti serum albumin impor, yang sangat mahal harganya.
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, MS, dari Universitas Brawijaya, Malang, telah membuktikan kemampuan ekstrak albumin dari ikan gabus untuk menggantikan serum albumin impor.
Harga serum albumin impor mencapai jutaan rupiah per 10 milimeter. Padahal, dalam satu kali operasi paling tidak dibutuhkan 30 milimeter. Penggunaan ekstrak ikan gabus ini diharapkan dapat mengurangi biaya operasi pembedahan yang selama ini dikenal sangat mahal.
Membuat ekstrak ikan gabus dengan cara sederhana, dapat dilakukan sendiri di rumah tangga. Bagi mereka yang belum bisa mengonsumsi makanan berat, dapat merebus ikan gabus hingga seluruh sarinya keluar. Sari ikan tersebut kemudian disaring dan dikonsumsi seperti minum air. Agar tidak berbau amis, sari kaldu ikan gabus dapat juga dicampur jeruk nipis.
Ikan gabus dapat diolah dengan berbagai cara. Masyarakat Sulawesi Selatan dan Papua biasa mengolah ikan gabus menjadi sup asam pedas, sedangkan masyarakat jawa dan Sunda mengolahnya dengan cara digoreng. Masyarakat Banjarmasin biasa menggunakan ikan gabus untuk membuat kerupuk. Variasi lain yang dapat dilakukan adalah dalam bentuk abon atau disantan seperti ikan kakap. Untuk bayi, ikan gabus dapat dipipil dan disajikan seperti nasi tim.
Ikan gabus sebaiknya disajikan dengan cara direbus, dikukus, ataupun dibuat sup. Ikan gabus goreng atau bakar memang lebih nikmat, tetapi nilai gizinya turun. Selain itu, menggoreng biasanya dilakukan dengan minyak berlebih, sehingga dapat meningkatkan kadar lemak pada ikan.
Padahal, ikan gabus termasuk bahan makanan yang sehat dan aman untuk dikonsumsi karena kadar lemak dan kolesterolnya masih di bawah rata-rata. Bahaya lain yang mengintai dari ikan bakar dan goreng adalah racun karsinogenik yang dapat mengganggu kesehatan tubuh.
Seperti ikan air tawar lainnya, salah satu kelemahan ikan gabus adalah memiliki bau lumpur. Namun, hal tersebut bukanlah alasan untuk tidak mengonsumsinya mengingat manfaatnya sangat luar biasa. Untuk menyiasatinya, ikan gabus dapat dicuci dengan air kapur. Bisa juga direbus lebih dulu dengan berbagai rempah, seperti kunyit ataupun jeruk nipis, baru kemudian diolah sesuaI dengan selera masing-masing.

Kami agen ikan gabus hid up dan fresh hasil panen sendiri, bag I agan-agan yang berminat menjadi mitra usaha baik dalam partai besar maupun kecil, tentunya harga khusus bag I partai besar. Lokasi berada di Jakarta utara, bebas ongkir tuk wilayah jabodetabek until minimal pemesanan 10kg. Harga bervariasi Dan bersaing. Kami jg menyediakan bib it ikan gabus..berminat,
Ikan Gabus Hidup dan Segar | Facebook
id-id.facebook.com › Tempat › Kota Bekasi
Ikan Gabus Hidup dan Segar, Kota Bekasi. 214 suka · 2 membicarakan ini. jual ikan gabus hidup dan segar berbagai ukuran, siap pesan antar untuk jakarta ,...
agen ikan gabus
jupriyantospd4.blogspot.com/
8 Mei 2013 - Ikan gabus Segar Dan hidup, ready stock 50kg. .... Harga serum albumin impor mencapai jutaan rupiah per 10 milimeter. ... Lokasi berada di Jakarta utara, bebas ongkir tuk wilayah jabodetabek until minimal pemesanan 10kg ...
Jual Abon ikan gabus Kaya Manfaat , Bergizi tinggi dan ...
www.ikangabus.com/
Jual Ikan Gabus Hidup, Segar, Giling, Asin, Abon dan Sayur Gabus Pucung melayani wilayah Jakarta , Bogor , Bekasi Tangerang, Depok dan luar kota.
jual ikan gabus - Indonetwork.co.id
www.indonetwork.co.id/alloffers/jual-ikan-gabus.html
Semua Pemasok jual ikan gabus berkualitas untuk dijual di Indonesia di pusat perdagangan, pembuat, penyalur, eksportir, importir, penjual, pembeli, agen, ...
JUAL IKAN GABUS - CV.KENCANA 168 - agromaret.com
www.agromaret.com/jual/53016/jual_ikan_gabus
Jual ikan gabus hidup Stok perhari 200kg-500kg. Harga stabil : Rp.13.000. ... MINIMAL ORDER BRP Y, BUAT KE JAKARTA TIMUR. BOLEH GK KLO PESEN ...
JUAL Ikan Gabus hidup dan segar
forumjualbeli.com/hewan.../100014-ikan-gabus-hidup-dan-segar.html
29 Mar 2013 - 2 pesan - ‎2 penulis
Jual ikan Gabus Hidup dan Segar, tersedia berbagai macam ukuran, cocok untuk restoran, ... *untuk pembelian dalam jumlah banyak, kami beri harga spesial, ... Ketika Jakarta ultah, ada gabus pucung di Cinnamon lho!
Jual Bibit Ikan Gabus Jakarta 2015 | Sukses Bisnis Usaha
suksesbisnisusaha.com/search/jual-bibit-ikan-gabus-jakarta-2015
Manfaat dan Kandungan Gizi Ikan Gabus — Seringkali ikan gabus terbawa banjir ke parit-parit di sekitar rumah, atau memasuki kolam-kolam pemeliharaan ...
IKAN GABUSKU: Jual ikan gabus alam hidup dan ikan ...
gabusasin.blogspot.com/2011/10/v-behaviorurldefaultvmlo.html
12 Okt 2011 - Kami menyediakan ikan gabus hidup alam yang siap untuk di komsumsi, harga yang di tawarkan tergantung ukuran .Karna ikan yang di ...
Jual Abon ikan gabus Kaya Manfaat , Bergizi tinggi dan ...
https://gabushidup.wordpress.com/
Supplier Jual Abon Ikan Gabus Siap Terima Pesanan Grosir dan Eceran Siap Kirim.
Harga Ikan Asin Gabus Besar (100 gr) - PasarMinggu.co
pasarminggu.co/product/ikan-asin-gabus-besar-100-gr
Keterangan singkat : Ikan Asin Gabus dijual per 100 gr. ... Status Harga: 90 - 100% kemungkinan tetap sama seperti pada saat pemesanan.
10 Kg jual Ikan gabus segar bergizi
Ikan Gabus Segar Bergizi
Rp 55,000 - 80,000 / Kg
JAWA BARAT
jual Ikan gabus konsumsi
Ikan Gabus Konsumsi
Rp 55,000 - 80,000 / Kg
minimal pembelian:10 Kg
Agent Belut Jabodetabek

jual JUAL IKAN GABUS HIDUP,FILLET,IKAN GILING PEMPEK.FRESH DAN FROZEN
Jual Ikan Gabus Hidup,Fillet,Ikan Giling Pempek.Fresh Dan Frozen
Rp 160,000 - 175,000 / Kg

Aceh
Aceh Barat Meulaboh - Aceh Barat Daya Blangpidie - Kota Jantho - Jaya Calang - Aceh Selatan Tapak Tuan - Singkil Singkil - Tamiang Karang Baru - Tengah Takengon - Tenggara Kutacane - Timur Idi Rayeuk - Utara Lhoksukon - Bener Meriah Simpang Tiga Redelong - Bireuen Bireuen - Gayo Lues Blang Kejeren - Nagan Raya Suka Makmue - Pidie Sigli - Pidie Jaya Meureudu - Simeulue Sinabang - Kota Banda Aceh - Langsa - Lhokseumawe - Sabang - Subulussalam
Sumatera Utara
Asahan Kisaran - Batubara Limapuluh - Dairi Sidikalang - Deli Serdang Lubuk Pakam - Humbang Hasundutan Dolok Sanggul - Karo Kabanjahe - Labuhanbatu Rantau Prapat - Labuhanbatu Selatan Kota Pinang - Labuhanbatu Utara Aek Kanopan - Langkat Stabat - Mandailing Natal Panyabungan - Nias Gunung Sitoli - Nias Barat Lahomi - Nias Selatan Teluk Dalam - Nias Utara Lotu - Padang Lawas Sibuhuan - Lawas Utara Gunung Tua - Pakpak Bharat Salak - Samosir Pangururan - Serdang Bedagai Sei Rampah - Simalungun Raya - Tapanuli Selatan Sipirok - Tapanuli Tengah Pandan - Tapanuli Utara Tarutung - Toba Samosir Balige - Kota Binjai Binjai Kota - Gunungsitoli - Medan - Padangsidempuan - Pematangsiantar - Sibolga - Tanjungbalai - Tebing Tinggi - Bengkulu - Bengkulu Selatan Kota Manna - Bengkulu Tengah Karang Tinggi - Bengkulu Utara Arga Makmur - Kaur Bintuhan - Kaur Selatan - Kepahiang Kepahiang - Lebong Muara Aman - Mukomuko Mukomuko - Rejang Lebong Curup - Seluma Tais - Kota Bengkulu
Jambi
Batanghari Muara Bulian - Bungo Muara - Kerinci Sungaipenuh - Merangin Bangko - Muaro Jambi Sengeti - Sarolangun Sarolangun - Tanjung Jabung Barat Kuala Tungkal - Tanjung Jabung Timur Muara Sabak, Tanjung Jabung Timur - Tebo Muara Tebo - Kota Jambi - Sungai Penuh
Riau
Bengkalis Bengkalis - Indragiri Hilir Tembilahan - Indragiri Hulu Rengat - Kampar Bangkinang - Kuantan Singingi Teluk Kuantan - Pelalawan Pangkalan Kerinci - Rokan Hilir Ujung Tanjung, Bagan Siapi-api - Rokan Hulu Pasir Pengaraian - Siak Siak Sri Indrapura - Kepulauan Meranti Selatpanjang - Kota Dumai - Pekanbaru Pekanbaru
Sumatera Barat
Agam Lubuk Basung - Dharmasraya Pulau Punjung - Kepulauan Mentawai Tuapejat - Lima Puluh Kota Sarilamak - Padang Pariaman Parit Malintang - Pasaman Lubuk Sikaping - Pasaman Barat Simpang Empat - Pesisir Selatan Painan - Sijunjung Muaro - Solok Arosuka - Solok Selatan Padang Aro - Tanah Datar Batusangkar - Bukittinggi - Padang Padang - Padangpanjang - Pariaman - Payakumbuh - Sawahlunto - Solok Solok
Sumatera Selatan
Banyuasin Pangkalan Balai - Empat Lawang Tebing Tinggi - Lahat Lahat - Muara Enim Muara Enim - Musi Banyuasin Sekayu - Musi Rawas Muara Beliti Baru - Ogan Ilir Indralaya - Ogan Komering Ilir Kota Kayu Agung - Ogan Komering Ulu Baturaja - Ogan Komering Ulu Selatan Muaradua - Ogan Komering Ulu Timur Martapura - Lubuklinggau - Pagar Alam - Palembang - Prabumulih
Lampung
Lampung Barat Kota Liwa - Lampung Selatan Kalianda (kota) - Lampung Tengah Gunung Sugih - Lampung Timur Sukadana - Lampung Utara Kotabumi - Mesuji - Pesawaran Gedong Tataan - Pringsewu - Tanggamus Kota Agung - Tulang Bawang Menggala - Tulang Bawang Barat Tulang Bawang Tengah - Way Kanan Blambangan Umpu - Kota Bandar Lampung - Kota Metro
Kepulauan Bangka Belitung
Bangka Sungai Liat - Bangka Barat Toboali - Bangka Selatan Mentok - Bangka Tengah Koba - Belitung Tanjung Pandan - Belitung Timur Manggar - Kota Pangkal Pinang
Kepulauan Riau
Bintan Bandar Seri Bentan - Karimun Tanjung Balai Karimun - Kepulauan Anambas Tarempa - Lingga Daik, Lingga - Natuna Ranai, Bunguran Timur - Kota Batam - Tanjung Pinang
Pulau Jawa dan Madura
Banten
Tangerang Tigaraksa - Serang Ciruas - Lebak Rangkasbitung - Pandeglang Pandeglang - Tangerang - Serang - Cilegon - Tangerang Selatan Ciputat
Jawa Barat
Bandung Soreang - Bandung Barat Ngamprah - Bekasi Cikarang - Bogor Cibinong - Ciamis Ciamis - Cianjur Cianjur - Cirebon Sumber - Garut Garut - Indramayu - Karawan - Kuningan - Majalengka - Purwakarta - Subang Subang - Sukabumi - Sumedang - Tasikmalaya Singaparna - Kota Bandung - Banjar - Bekasi - Bogor - Cimahi Cimahi - Cirebon Cirebon - Depok Depok - Sukabumi Cisaat - Tasikmalaya
DKI Jakarta
Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Pulau Pramuka - Jakarta Barat - Jakarta Pusat - Jakarta Selatan - Jakarta Timur - Jakarta Utara
Jawa Tengah
Banjarnegara - Banyumas - Batang - Blora - Boyolali - Brebes - Cilacap - Demak - Grobogan - Jepara - Karanganyar - Kebumen - Kendal - Klaten - Kudus - Magelang - Pati - Pekalongan Kajen - Pemalang - Purbalingga - Purworejo - Rembang - Semarang - Sragen - Sukoharjo - Tegal - Temanggung - Wonogiri - Wonosobo - Kota Magelang - Pekalongan - Salatiga - Semarang - Surakarta - Tegal
Jawa Timur
Bangkalan - Banyuwangi - Blitar Kanigoro - Bojonegoro - Bondowoso - Gresik - Jember - Jombang - Kediri - Lamongan - Lumajang - Madiun - Magetan - Malang Kepanjen- Mojokerto Mojokerto - Nganjuk Nganjuk - Ngawi Ngawi - Pacitan Pacitan - Pamekasan Pamekasan - Pasuruan Pasuruan - Ponorogo Ponorogo - Probolinggo Kraksaan - Sampang Sampang - Sidoarjo Sidoarjo - Situbondo Situbondo - Sumenep Sumenep - Trenggalek Trenggalek - Tuban Tuban - Tulungagung Tulungagung - Kota Batu - Blitar - Kediri - Madiun - Malang - Mojokerto - Pasuruan - Probolinggo - Surabaya
Daerah Istimewa Yogyakarta
Bantul Bantul - Gunung Kidul Wonosari - Kulon Progo Wates - Sleman Sleman - Kota Yogyakarta / Jogjakarta
Nusa Tenggara - Bali
Badung - Bangli - Buleleng - Gianyar - Jembrana - Karangasem - Klungkung - Tabanan - Denpasar
Nusa Tenggara Barat
Bima - Dompu - Lombok Barat Mataram - Lombok Tengah Praya - Lombok Timur Selong - Lombok Utara Tanjung - Sumbawa Sumbawa Besar - Sumbawa Barat Taliwang - Kota Bima - Kota Mataram
Nusa Tenggara Timur
Alor Kalabahi - Belu Atambua - Ende - Flores Timur Larantuka - Kupang - Lembata Lewoleba - Manggarai Ruteng - Manggarai Barat Labuan Bajo - Manggarai Timur Borong - Ngada Bajawa - Nagekeo Mbay - Rote Ndao Baa - Sabu Raijua Seba - Sikka Maumere - Sumba Barat Waikabubak - Sumba Barat Daya Tambolaka - Sumba Tengah Waibakul - Sumba Timur Waingapu - Timor Tengah Selatan Soe - Timor Tengah Utara Kefamenanu - Kupang
Pulau Kalimantan
Kalimantan Barat
Bengkayang - Kapuas Hulu Putussibau - Kayong Utara Sukadana - Ketapang Ketapang - Kubu Raya Sungai Raya - Landak Ngabang - Melawi Nanga Pinoh - Pontianak Mempawah - Sambas - Sanggau - Sekadau - Sintang - Kota Pontianak - Singkawang
Kalimantan Selatan
Balangan Paringin - Banjar Martapura - Barito Kuala Marabahan - Hulu Sungai Selatan Kandangan - Hulu Sungai Tengah Barabai - Hulu Sungai Utara Amuntai - Kotabaru Kotabaru - Tabalong Tanjung - Tanah Bumbu Batulicin - Tanah Laut Pelaihari - Tapin Rantau - Kota Banjarbaru - Banjarmasin
Kalimantan Tengah
Barito Selatan Buntok - Barito Timur Tamiang - Barito Utara Muara Teweh - Gunung Mas Kuala Kurun - Kapuas Kuala Kapuas - Katingan Kasongan - Kotawaringin Barat Pangkalan Bun - Kotawaringin Timur Sampit - Lamandau Nanga Bulik - Murung Raya Purukcahu - Pulang Pisau Pulang Pisau - Sukamara - Seruyan Kuala Pembuang - Palangka Raya
Kalimantan Timur
Berau Tanjungredep - Bulungan Tanjungselor - Kutai Barat Sendawar - Kutai Kartanegara Tenggarong - Kutai Timur Sangatta - Malinau Malinau - Nunukan Nunukan - Paser Tanah Grogot - Penajam Paser Utara Penajam - Tana Tidung Tideng Pale - Kota Balikpapan - Bontang - Samarinda - Tarakan
Pulau Sulawesi
Gorontalo
Boalemo Marisa/Tilamuta - Bone Bolango Suwawa - Gorontalo - Gorontalo Utara Kwandang - Pohuwato Maris
Sulawesi Selatan
Bantaeng - Barru - Bone Watampone - Bulukumba - Enrekang - Gowa Sunggu Minasa - Jeneponto - Kepulauan Selayar Benteng - Luwu Palopo - Luwu Timur Malili - Luwu Utara Masamba - Maros - Pangkajene dan Kepulauan - Pinrang - Sidenreng Rappang - Sinjai - Soppeng Watan - Takalar - Tana Toraja Makale - Toraja Utara Rantepao - Wajo Sengkang - Makassar - Palopo - Parepare
Sulawesi Tenggara
Bombana Rumbia - Buton Bau-Bau - Buton Utara Buranga - Kolaka Kolaka - Kolaka Utara Lasusua - Konawe Unaaha - Konawe Selatan Andolo - Konawe Utara Wanggudu - Muna Raha - Wakatobi Wangi-Wangi - Bau-Bau - Kendari
Sulawesi Tengah
Banggai Luwuk - Banggai Kepulauan Banggai - Buol Buol - Donggala Donggala - Morowali Bungku - Parigi Moutong Parigi - Poso Poso - Tojo Una-Una Ampana - Toli-Toli - Sigi Sigi Biromaru - Kota Palu
Sulawesi Utara
Bolaang Mongondow Kotamobagu - Bolaang Mongondow Selatan Bolaang Uki - Bolaang Mongondow Timur Tutuyan - Bolaang Mongondow Utara Boroko - Kepulauan Sangihe Tahuna - Kepulauan Siau Tagulandang Biaro Ondong Siau - Kepulauan Talaud Melonguane - Minahasa Tondano - Minahasa Selatan Amurang - Minahasa Tenggara Ratahan - Minahasa Utara Airmadidi - Kota Bitung - Kotamobagu - Manado - Tomohon
Sulawesi Barat
Majene - Mamasa - Mamuju - Mamuju Utara Pasangkayu - Polewali Mandar
Maluku
Buru Namlea - Buru Selatan Namrole - Kepulauan Aru Oobo - Maluku Barat Daya Tiakur - Maluku Tengah Masohi - Maluku Tenggara Tual - Maluku Tenggara Barat Saumlaki - Seram Bagian Barat Dataran Hunipopu - Seram Bagian Timur Dataran Hunimoa - Kota Ambon - Tual
Maluku Utara
Halmahera Barat Jailolo - Halmahera Tengah Weda - Halmahera Utara Tobelo - Halmahera Selatan Labuha - Kepulauan Sula Sanana - Halmahera Timur Maba - Pulau Morotai Morotai Selatan - Kota Ternate - Tidore Kepulauan Soasiu
Papuaa
Asmat Agats - Biak Numfor Biak - Boven Digoel Tanah Merah - Deiyai Tigi - Dogiyai Kigamani - Intan Jaya Sugapa - Jayapura Sentani - Jayawijaya Wamena - Keerom Waris - Kepulauan Yapen Serui - Lanny Jaya Tiom - Mamberamo Raya Burmeso - Mamberamo Tengah Kobakma - Mappi Kepi - Merauke - Mimika Timika - Nabire Nabire - Nduga Kenyam - Paniai Enarotali - Pegunungan Bintang Oksibil - Puncak Ilaga - Puncak Jaya Kotamulia - Sarmi Sarmi - Supiori Sorendiweri - Tolikara Karubaga - Waropen Botawa - Yahukimo Sumohai - Yalimo Elelim - Jayapura
Papua Barat
Fakfak Fakfak- Kaimana Kaimana- Manokwari- Maybrat Kumurkek- Raja Ampat Waisai - Sorong - Sorong Selatan Teminabuan - Tambrauw Fef - Teluk Bintuni Bintuni - Teluk Wondama Rasiei - Kota Sorong
pengirimana ke JAWA Ambarawa Anyer Bandung Bangil Banjar (Jawa Barat) Banjarnegara Bangkalan Bantul Banyumas Banyuwangi Batang Batu Bekasi Blitar Blora Bogor Bojonegoro Bondowoso Boyolali Bumiayu Brebes Caruban Cianjur Ciamis Cibinong Cikampek Cikarang Cilacap Cilegon Cirebon Demak Depok Garut GresikIndramayuJakarta Jember Jepara Jombang Kajen Karanganyar Kebumen Kediri Kendal Kepanjen Klaten Kraksaan Kudus Kuningan Lamongan Lumajang Madiun Magelang Magetan Majalengka Malang Mojokerto Mojosari Mungkid Ngamprah Nganjuk Ngawi Pacitan Pamekasan Pandeglang Pare Pati Pasuruan Pekalongan Pelabuhan Ratu Pemalang Ponorogo Probolinggo Purbalingga Purwakarta Purwodadi Purwokerto Purworejo Rangkasbitung Rembang Salatiga Sampang Semarang Serang Sidayu Sidoarjo Singaparna Situbondo Slawi Sleman Soreang Sragen Subang Sukabumi Sukoharjo Sumber Sumedang Sumenep Surabaya Surakarta Tasikmalaya Tangerang Tangerang Selatan Tegal Temanggung Tigaraksa Trenggalek Tuban Tulungagung Ungaran Wates Wlingi Wonogiri Wonosari Wonosobo Yogyakarta NUSA TENGGARA Bali Atambua Baa Badung Bajawa Bangli Denpasar Dompu Ende Gianyar Kalabahi Karangasem Kefamenanu Klungkung Kupang Labuhan Bajo Larantuka Lewoleba Maumere Mataram Mbay Negara Praya Raba Ruteng Selong Singaraja Soe Sumbawa Besar Tabanan Taliwang Tambolaka Tanjung (Nusa Tenggara Barat) Waibakul Waikabubak Waingapu SUMATERA Aek Kanopan Arga Makmur Arosuka Balige Banda Aceh Bandar Lampung Bagansiapiapi Baganbatu Bandar Seri Bentan Bangkinang Bangko Banyuasin Batam Baturaja Batusangkar Bengkalis Bengkulu Binjai Bintuhan Bireuen Blambangan Umpu Blangpidie Blang Kejeren Bukittinggi Calang Curup Daik Dolok Marawa Dumai Gedong Tataan Gunung Sitoli Gunun Sugih Gunung Tua Idi Rayeuk Indralaya Jambi Jantho Kabanjahe Kalianda Karang Baru Karang Tinggi Kayu Agung Kepahiang Kisaran Koba Kota Agung Kota Bumi Kota Pinang Kuala Tungkal Kutacane Lahat Lahomi Langsa Lhokseumawe Lhoksukon Limapuluh Liwa Lotu Lubuk Basung Lubuk Bendaharo Lubuk Linggau Lubuk Pakam Lubuk Sikaping Manggar Manna Martapura (Sumatera Selatan) Medan Menggala Mentok Metro Meulaboh Meureude Muara Aman Muara Bulian Muara Bungo Muara Dua Muara Enim Muara Sabak Muara Tebo Muaro Sijunjung Muko Muko Padang Padang Aro Padang Panjang Padang Sidempuan Pagaralam Painan Palembang Pandan Pangkalan Kerinci Pangkal Pinang Panguruan Panyabungan Pariaman Parit Malintang Pasir Pengarayan Payakumbuh Pekanbaru Pematang Siantar Prabumulih Pringsewu Pulau Punjung Ranai Rantau Prapat Raya Rengat Sabang Salak Sarilamak Sarolangun Sawahlunto Sei Rampah Sekayu Selat Panjang Sengeti Siak Sri Indrapura Sibolga Sibuhuan Sidikalang Sigli Simpang Empat Simpang Tiga Redelong Sinabang Singkil Sipirok Solok Stabat Subulussalam Sukadana Suka MakmueSungailiatSungai PenuhTakengonTaisTanjung Balai (Sumatera Utara)Tanjung Balai Karimun (Kepulauan Riau) Tanjung Enim Tanjung Pandan Tanjung Pinang Tapaktuan Tarempa Tarutung Tebing Tinggi (Sumatera Utara) Tebing Tinggi (Sumatera Selatan) Teluk Dalam Teluk Kuantan Tembilahan Toboali Tuapejat Ujung Tanjung Kalimantan Pontianak Samarinda Banjarmasin Balikpapan Singkawang Palangkaraya Mempawah Ketapang Sintang Tarakan Putussibau Sambas Sampit Banjarbaru Barabai Batang Tarang Batulicin Bengkayang Bontang Buntok Kandangan Kotabaru Kuala Kapuas Kuala Kurun Kuala Pembuang Malinau Marabahan Martapura Muara Teweh Nanga Bulik Nanga Pinoh Ngabang Nunukan Pangkalan Bun Paringin Pelaihari Penajam Pulang Pisau Purukcahu Rantau Sangatta Sekadau Sendawar Sukadana Sukamara Sungai Raya Tamiang Layang Tanah Grogot Tanjung Tanjung Selor Tanjung Redeb Tenggarong Tideng Pale SULAWESI Airmadidi Ampana Amurang Andolo Banggai Bantaeng Barru Bau-Bau Benteng Bitung Bolaang Uki Boroko Bulukumba Bungku Buol Buranga Donggala Enrekang Gorontalo Jeneponto Kawangkoan Kendari Kolaka Kotamobagu Kwandang Lasusua Luwuk Majene Makale Makassar (Ujung Pandang) Malili Mamasa Mamuju Manado (Menado) Marisa Maros Masamba Melonguane Ondong Siau Palopo Palu Pangkajene Pare-Pare Parigi Pasangkayu Pinrang Polewali Poso Raha Rantepao Ratahan Rumbia Sengkang Sidenreng Sigi Biromaru Sinjai Sunggu Minasa Suwawa Tahuna Takalar Tilamuta Toli Toli Tomohon Tondano Tutuyan Unaaha Wangi Wangi Wanggudu Watampone Watan Soppeng Cliquers Libuo Palma MALUKU DAN PAPUA Agats Ambon Banda Biak Bintuni Botawa Burmeso Dataran Hunimoa Dataran Hunipopu Dobo Elelim Enarotali Fak Fak Fef Ilaga Jailolo Jayapura Kaimana Karubaga Kenyam Kepi Kigamani Kisar Kobakma Kota Mulia Kumurkek Labuha Larat Leksula Maba Manokwari Masohi Merauke Morotai Selatan Nabire Namlea Namrole Oksibil Oobo Passo Piru Rasiei Sanana Saparua Sarmi Saumlaki Sentani Serui Sorendiweri Sorong Sugapa Sumohai Tanah Merah Teminabuan Ternate Tiakur Tidore Tigi Timika Tiom Tobelo Tual Waisai Wamena Waris Weda

Channa striata

From Wikipedia, the free encyclopedia
Channa striata
Channa striata, after Bleeker, 1879
Scientific classificationEdit this classification
Domain:Eukaryota
Kingdom:Animalia
Phylum:Chordata
Class:Actinopterygii
Order:Anabantiformes
Family:Channidae
Genus:Channa
Species:
C. striata
Binomial name
Channa striata
(Bloch, 1793)
Distribution of Channa striata.[2]

Madagascar reports are misidentifications of C. maculata[3][4]

Synonyms[5]
  • Ophicephalus striatus Bloch, 1793
  • Channa stiata (Bloch, 1793)
  • Ophiocephalus wrahl Lacépède, 1801
  • Ophiocephalus chena Hamilton, 1822
  • Ophicephalus planiceps Cuvier, 1831
  • Ophiocephalus vagus Peters, 1868
  • Ophiocephalus philippinus Peters, 1868

Channa striata, the striped snakehead, is a species of snakehead fish. It is also known as the common snakeheadchevron snakehead, or snakehead murrel and generally referred simply as mudfish. It is native to South and Southeast Asia, and has been introduced to some Pacific Islands. Reports from Madagascar and Hawaii are misidentifications of C. maculata.[3][4]

genetic study published in 2017 indicates that C. striata is a species complex.[6]

Description[edit]

It is a bony fish with endoskeleton ribcage, grows up to a meter in length, though because of fishing, this size is rarely found in the wild. It has a widespread range covering southern ChinaPakistan, most of India, southern NepalBangladeshSri Lanka, and most of Southeast Asia. It has more recently been introduced to the outermost parts of Indonesia, the Philippines, and Mauritius. Reports beginning in the early 20th century that it was introduced into the wild in Hawaii, particularly the island of Oahu, as well as later reports from Madagascar, are the result of misidentifications of C. maculata.[3][4] The only currently confirmed Hawaiian establishment of C. striata is on a commercial fish farm. Popular media and the United States Fish and Wildlife Service were perpetuating this apparent mistake as recently as 2002.[7][8] Early- to mid-20th century reports and texts referring to its introduction in California appear to be the result of a misunderstanding.[9]

It is an important food fish in its entire native range, and is of considerable economic importance. Adults are dark brown in colour with faint black bands visible across its entire body. Males and females both help to construct a nest out of water vegetation during breeding time. Eggs are guarded by both parents. Fry are reddish orange and are guarded by both parents until they turn greenish brown at around 5–6 cm.

It is common in freshwater plains, where it migrates from rivers and lakes into flooded fields. Subsequently, it returns to permanent water bodies in the dry season, where it survives by burrowing in the mud.

It preys on frogs, water bugs, and smaller fish, and it will attack anything moving when breeding.

Nomenclature[edit]

Common snakeheads are known as ngayan (ငါးရံ့) in BurmeseNga-mu porom in Meiteixól/xol (শ’ল/শল) in AssameseGarai (गरई) in North Indian Languages, shol (শোল) in Bengali,"sol" (سول) in UrduPakistanSheula (ଶେଉଳ) in Odiavaraal/kannan/braal/ (വരാല്, കണ്ണൻ,ബ്രാൽ) (in malayalam kerala), Indiaviral/mural/selumural/nedumural (in Tamil: விரால்,முறால்,செலுமுரல்,நெடுமுரல்) in Tamil NaduIndia; "poochepa" Koramenu/Korra matta (Teluguకొర్ర మేను/కొర్ర మట్ట), IndiaMadenji (Tulu: ಮಡೆಂಜಿ) in Tulu NaduIndia; and Loola ලූලා in Sri Lankatrey ross (Khmer: ត្រីរ៉ស់), pla chon (Thaiปลาช่อน) in Thailand;[10] gabus in Indonesiaharuan in Malaysia;[11] dalak in Brunei and haloanaruanharuan, in Malaycá lóc đồng in Vietnamese, 生鱼, 泰国鳢 in Chinese , halwanbuligdalagturagsoy or "mudfish" in the Philippines.

Culinary[edit]

Snakehead fish packed with lemon grass and lime leaves ready for steaming

A curry made with this fish and tapioca is a delicacy in Kerala. In Indonesia, common snakeheads are a popular type of salted fishes in Indonesian cuisine. In the Philippines, they are commonly served either fried, grilled, paksiw (poached in a water-vinegar mix), or with soup (commonly cooked with rice washing).

Dishes using this fish eaten with rice is very popular among Bengalis of West Bengal and Bangladesh. The fish is also an esteemed delicacy in other parts of India, including Andhra PradeshTamil Nadu and Kerala.

Common snakeheads are very popular in Thai cuisine, where they are prepared in a variety of ways. Grilled fish is a common food item offered by street vendors or in kaeng somPla ra, a fermented fish sauce popular in northeastern Thai cuisine, is made by pickling common snakehead and keeping it for some time. Also, a Chinese sausage is prepared with common snakehead flesh in Thailand.[12]

In Burmese cuisinesalted striped snakhead ငါးရံ့ခြောက် is popular. Dried salted fish is then grilled ငါးရံ့ခြောက်ဖုတ် or cooked in curry dish. Another delicay dish popular in Lower Myanmar uses only intestines of striped snakhead in the curry instead of the flesh is known as ngayan au sibyan ငါးရံ့အူဆီပြန်.

According to traditional Chinese medicine theories, all snakehead fishes are helpful with wound healing, especially when boiled into soup,[13] which made snakehead fishes a popular choice of food in the Sinosphere.

Immune system[edit]

Worldwide inland fish culture industry is suffering from massive economic losses due to epizootic ulcerative syndrome (EUS) and fish-based pathogens. The available literature indicate that infection from fish pathogens like bacteria (Aeromonas hydrophila and Aeromonas sobria), fungi (Aphanomyces invadans) and viruses can cause stunted growth and severe mortality in the C. striatusChanna striatus rely on their innate immune components to fight against these infections. Some of the immune molecules that have been characterized in Channa striatus includes Chemokine, Chemokine receptors, Thioredoxin, Superoxide dismutase, Serine Protease, Cathepsin,[14] Lectin.

In culture[edit]

The Bathini Goud Brothers in Hyderabad, India, promote the swallowing of live murrel fish and herbs claimed as a treatment for asthma, although the high court ruled they cannot call it "medicine". They give it free to children on Mrigasira Nakshatra. No evidence indicates it is clinically effective, and children's rights campaigners have called for it to be banned.[15][16]

0 komentar

Follow Me On Instagram